Monday, July 21, 2008

Liburan ke Semarang (hari pertama)

Liburan ke Semarang ini sebenernya idenya Mas Nanang, aku mah ngikut ajah...

Dimulai dengan janjian di Terminal Tirrtonadi tanggal 15 Juli jam ba'da dzuhur. Mas Nanang sih tepat waktu, tapi aku.... hehehe! Karena bis yang ke terminal ga dateng2.., aku baru sampe terminal jam setengah dua. Akhirnya kita ketinggalan bis dan terpaksa naik bis yang ga bagus (padahal tarifnya sama..). Hmmm.. Perjalanan 2,5 jam menuju Semarang serasa tak begitu nyaman.

Sudah gitu kita kebablasan pula. Harusnya turun di depan Hero, tapi karena kita berdua ga tau kalo Hero udah ganti jadi Giant, jadinya kita kebablasan sampe Taman Diponegoro.. Hehehe! Untung ada Isna yng ngejemput.

Sampe di rumah bulik, kita istirahat bentar. Pas makan, tiba2 Lik Agus nawarin aku dan Mas Nanang pergi ke kantornya (PT. Masscom Graphy, percetakannya koran Suara Merdeka), soalnya Lik Agus mau ngelembur pengiriman buku, dan selama Lik Agus ngelembur, kita boleh jalan2 di percetakannya... Tapi jam 9 malem.. Gak papa....
Ngerasa dapet kesempatan emas nih! Langsung aja aku nge-iya-in.. (kapan lagi coba dapet kesempatan liat koran dicetak...)
Akhirnya jam setengah 9 kita berangkat. Dan Lik Agus milih lewat tol!! Wuaaahhh... Ternyata pemandangannya indah banget!! Semarang kan kotanya berbukit2 gitu deh... pas itu malem2, jadi kelihatan lampu2 gitu... Wes, pokoknya indah banget deh!!!
Sesampainya di kantor, ternyata bukunya udah dikirim... Jadinya kita cuma ngenet di ruangan Lik Agus sambil nunggu koran dicetak (koran2 mulai dicetak jam 10). Setelah jam 10, kita ke ruangan mesin cetak itu... yang mesinnya segede kapal selam itu lho... (di photos-ku ada)

Ternyata, koran Suara Merdeka tuh dicetak dalam 7 sesi. 6 sesi pertama adalah edisi daerah, kayak Suara Solo, Suara Muria, dlll gitu deh... Trus 1 sesi headline. Nah yang headline itu pencetakannya nunggu deadline pengumpulan berita jam 12 malem.. Jadinya baru dicetak jam 12-an, trus korannya mulai didistribusikan ke kantor2 cabang jam 1.
Trus kalo proses pencetakannya sih aku gak begitu ngerti ya... Tapi sepengetahuanku tuh (ga mudeng masalah permesinan soale), lay out korannya dicetak di suatu plat, trus plat itu dipasang di mesin (yang pastinya udah ada tintanya). Mesinnya dihidupin n kertas koran yang bergulung2 itu dicap dengan berita di plat itu..
Di mesin itu juga, kertas yang udah dicap dipotong2 sesuai ukuran dan langsung dilipat sesuai halamannya. Jadi kertas yang awalnya bergulung2 segede ban truk, setelah keluar dari mesin bentuknya berubah jadi koran yang biasa kita baca itu...
Oiya, sekedar tahu aja, sepanjang berdirinya, koran Suara Merdeka pernah sekali ga terbit pas tahun 2005, karena banjir. Jadi pas itu Semarang banjir agak parah sampe2 mesin pencetaknya kerendem air.

Ga kerasa udah jam 11, kerjannya Lik Agus juga udah selesai. Akhirnya kita pulang deh...

Besok: Simpang Lima

2 comments:

  1. Kapan2 gantian sama aku studi banding di percetakan Solo Grafika Utama-- yang nyetak SOLOPOs.. he he...

    ReplyDelete