Saturday, July 26, 2008

Bila Si Amatir Bikin Kue....

Ceritanya berawal dari rasa kecewa terhadap Bolu Pisang Raja yang dijual di tenongan (penjual makanan keliling), rasanya babar blas nggak ada pisangnya soalnya...
Nah, beberapa hari yang lalu, di rumah saya ada gawe, pengajian bapak2, di mana salah satu suguhannya adalah pisang. Karena pisangnya banyak yang sisa, akhirnya saya punya ide untuk membuat kue pisang..

Dimulai dari mencari resep, sebagai pemula, tentunya saya belajar dari ahli bikin kue, yaitu Bu Hendro, tetangga saya yang biasa nerima orderan bikin kue. Tanya resep yang ada pisang2nya pokoknya... Dan Bu Hendro pun melayani pertanyaan2 saya dengan sabar, juga memberi saya tulisan2 resep kue pisang yang beraneka ragam. Tapi karena saya orangnya tuh males dan sangat moody, saya pun tak segera mewujudkannya. Sampai 3 hari berselang. Akhirnya tadi siang, saya baru mewujudkan ide saya itu... Hehehe!

Sudah pergi ke pasar, sudah nyiapin bahan2, eh ternyata catatan dari Bu Hendro ilang!! (lha rak aneh2 tenan to Ifa ki...). Terpaksa buka kompy n browsing resep kue pisang. Ini nih resepnya:

Cake Pisang

Bahan :
  • 250 gram margarin
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram gula palem
  • 5 butir telur
  • 250 tepung terigu, ayak
  • 1 sdt baking powder, 1/2 sdt soda kue
  • 1 sdm bumbu spekuk

  • 100 ml susu cair

  • 4 pisang ambon , haluskan

  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara membuat :
  • Panaskan oven dengan temperatur 180 derajat Celcius, siapkan loyang bentuk loaf, 2 buah, ukuran 21 cm x 9,5 cm x 6,5 cm, olesi dengan margarin dan taburi tepung terigu, sisihkan.
  • Haluskan pisang ambon, tambahkan air jeruk nipis, aduk rata, agar tidak cepat berubah warna.
  • Kocok margarin bersama gula palem dan gula pasir hingga mengembang dan lembut, masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga mengembang.
  • Masukkan tepung terigu, baking powder, soda ku dan bumbu spekuk, aduk rata tambahkan pisang yang telah dihaluskan, aduk rata dan tuangkan kedalam loyang.
  • Panggang selama 45 menit, hingga matang, angkat.
Diambil dari http://resepcampur.blogspot.com/2006/09/cake-pisang.html

Dimulailah acara masak kue Si Amatir...

Dari awal aja udah nunjukin kalo saya tuh amatir, hehehe... Mengayak tepung, bukannya pake ayakan tepung, eh malah pake ayakan teh.. Kapan selesainya coba?! Hehehe.. Kemudian kesalahan kedua dimulai. Seharusnya saya mencampur GULA dengan MENTEGA, eh saya malah mencampur TELUR dengan GULA!! Huwaaaaaa....
Akhirnya saya mutung, semuanya saya campur jadi satu (gula, telur, mentega) dan saya kocok pake kocokan telur. Karena mixer saya sedang rusak (bau gosong n nyetrum). Sementara saya mengocok, ibu saya membantu mengupas pisang dan memblendernya.
Capek juga ternyata, mana ga nyampur2 lagi... Huh! Melihat itu, ibu saya mengeluarkan ide anehnya. "Piye nek diblender wae, Ndhuk..??"
...
...
(Emang dasar keluarga yang aneh...)

Tapi akhirnya saya nurut juga, saya blender itu bahan. O, iya... Perlu kalian ketahui, karena saya nyari takaran ga ketemu2, akhirnya saya pake naluri saya untuk mengukur bahan2 tadi...

Akhirnya adonannya selesai juga, tinggal dimasukin ke oven dan dipanggang.
Tapi ternyata permasalahannya tidak berhenti di situ. 45 menit berselang, bau manis pun sudah semerbak, tapi setelah dibuka... DALEMNYA BELOM MATENG!!!
Huehuehue... Akhirnya ditambah lagi 15 menit. Setelah 15 menit, ternyata masih belom mateng juga dalemnya, padahal rotinya udah menggembung gede banget! Terpaksa deh dipanggang lagi 30 menit.
Nah, setelah 30 menit baru kuenya mateng....
Tapi ternyata..., rasanya enak sih, tapi lama-lama jadi eneg! Kalo katanya ibu sih kebanyakan baking powder, kurang tepung, n kebanakan telur...


12 comments:

  1. waah..sepertinya enak.. nyobain dung,,,

    ReplyDelete
  2. boleh-boleh... mau dikirim apa diambil?

    ReplyDelete
  3. wa,,,,

    bikin lagi wae!

    hoho,,,


    aq lebih suka bikin bolu saja, gampang :D

    ReplyDelete
  4. bentuk yang aneh...

    tapi tak mengapa asal enak >o

    ReplyDelete
  5. Cake yang aneh... ah yang penting cake...

    ReplyDelete
  6. lah... bukannya bolu tuh malah susah ya mbak? pake dijadiin 2 adonan segala, pake in itu...

    ReplyDelete
  7. namanya juga Si Amatir... hehehe! next time coba lagi! tak kirim ke Gemolong wis nek sukses!! =P

    ReplyDelete
  8. bukan cuma bentuknya yang aneh, tapi lama-lama rasanya juga aneh... hehehe! aneh-aneh enak eneg gitu lah... =D

    ReplyDelete
  9. tukang kue yang aneh ... sing penting niat-e ndukkk ... wis dicatet malaikat!!

    ReplyDelete